cover
Contact Name
Baiq Rika Ayu Febrilia
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
mpm@ikipmataram.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram Jl. Pemuda No 59A Mataram 83125
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Media Pendidikan Matematika
Published by IKIP Mataram
ISSN : 23383836     EISSN : 26570610     DOI : -
Core Subject : Education,
MPM focuses on publishing articles related to research results as well as the results of literature studies on mathematics education. This type of research can be in the form of classroom action research, experiments, qualitative research or other research. The results of the study can be the results of the application of the model/method/approach, the use of learning media (props).
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013)" : 13 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) BERBASIS METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII.1 SMPN 1 PRAYA BARAT PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK TAHUN PELAJARAN 2012/2013 NURHIDAYAH, BAIQ
Media Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : IKIP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/mpm.v1i1.1874

Abstract

Abstrak : Hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan di SMPN 1 Praya Barat menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII metode yang digunakan adalah metode ceramah, latihan dan demonstrasi metode ini sedikit memberi peluang kepada siswa untuk berperan aktif karena proses pembelajarannya hanya berjalan satu arah atau monoton, sehingga tidak ada timbal balik antara siswa maupun guru. Selain itu rendahnya prestasi belajar matematika siswa disebabkan karena beberapa permasalahan diantaranya masih banyak siswa yang belum memahami materi yang telah diajarkan oleh guru karena disebabkan siswa tidak ada yang bertanya, kemungkinan hal ini dikarenakan siswa malu dan tidak berani untuk bertanya kepada gurunya, sehingga pada saat diberi latihan soal siswa kesulitan dan tidak bisa mengerjakan. Disamping itu, masih sedikitnya siswa yang berperan aktif dalam pembelajaran dan mau mengerjakan tugas. Hal ini ditunjukkan dengan hanya beberapa orang siswa saja yang berani mengerjakan soal di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII.1 SMPN 1 Praya Barat dengan menerapkan pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbasis metode resitasi pada materi pokok kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru atau peneliti di dalamkelas dengan tujuan untuk memperbaiki proses belajar dan pembelajaran sehingga aktivitas dan prestasi belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata belajar siswa pada siklus I sebesar 78,75 dengan ketuntasan klasikal 62,50%. Karena pada siklus I belum memenuhi ketuntasan belajar klasikal yang diisyaratkan yaitu ?85%, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II, nilai rata-rata siswa sebesar 81,25 dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,50% yangartinya ketuntasan belajar klasikal sudah tercapai dan prestasi belajar mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbasis metode resitasidapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII.1 SMPN 1 Praya Barat pada materi pokok kubus dan balok Tahun pelajaran 2012/2013.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) PADA MATERI SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs NW MATARAM SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ADHAR, ADHAR
Media Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : IKIP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/mpm.v1i1.1865

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII A MTs NW Mataram tahun pelajaran 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs) atau prosedur pemahaman konsep pada materi segitiga. Hasil observasi yang dilakukan di MTs NW Mataram tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan adanya masalah dalam pembelajaran matematika yaitu kurangnya pemahaman konsep matematika siswa akibat proses belajar mengajar yang berpusatpada guru sedangkan siswa hanya sebagai penerima informasi sehingga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih pasif atau kurang. Hal ini mengakibatkan aktivitas belajar siswa kurang sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, Teknik Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs) adalah salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara penuh dan aktif serta mengarahkan perhatian siswa terhadap materiyang dipelajarinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 27 siswa. Data hasil belajar diperoleh melalui hasil tesevaluasi yang dilakukan setiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru diperoleh melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dikatakan meningkatapabila terjadi peningkatan skor dari skor sebelumnya dan minimal berkategori aktif pada siklus akhir, dan hasil belajar siswa dikatakan telah meningkat apabila terjadi peningkatan rata-rata secara signifikan dari nilai rata-rata sebelumnya dan rata-rata nilai siswa minimal 65, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas dari siklus ke siklus. Skor aktivitas belajar siswa untuk setiap siklus yaitu 12,42 dan 14,64 dengan kategori aktif, dan sangat aktif. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh nilai ratarata siswa untuk siklus I, dan II berturut-turut yaitu 65,26; dan 78,46 dengan persentasi ketuntasan klasikal 73,90% dan 87,50%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika di kelas VII A MTs NW Mataram tahun pelajaran 2012/2013 pada materi segitiga. Untuk itu,diharapkan guru dapat menerapkan teknik CUPs sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran matematika. 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS LEARNING COMMUNITY DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTS. NAHDLATUL MUJAHIDIN NW JEMPONG KELAS VII A SEMESTER II MATERI POKOK SEGITIGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. bilyadi, bilyadi
Media Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : IKIP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.719 KB) | DOI: 10.33394/mpm.v1i1.1870

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VII A MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong tahun pelajaran 2012/2013, masih banyak mengalami masalah, diantaranya: sebagian besar siswa masih takut dalam bertanya kepada guru, siswa kurang memahami konsep dasar matematika, siswa sering mengerjakan tugas mata pelajaran lain saat pembelajaran sedang berlangsung, kurang termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan presentasi belajar siswa MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Reseach). Penelitian tindakan kelas ini melalui dua siklus, dimnana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap pelaksanaan, 3. Tahap pengamatan atau observasi, 4. Tahap refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Nahdlatul mujahidin NW Jempong yang terdiri dari 18 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif, dimana pendekatan kualitatif diperoleh lembar observasi sedangkan pendekatan kuntitatif diperoleh melalui tes hasil belajar. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah nilai rata-rata presentasi belajar yang diperoleh siswa minimal 70 (berdasarkan standar ketuntasan MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong), dan ada peningkatan setiap siklusnya, serta peningkatan aktivitas belajar siswa minimal dapat mencapai katagori aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Rata-rata presentasi ketuntasan belajar yang dicapai adalah 83,33% dan 88,88. Sedangkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II 14,37 dan 16 yang berturut-turut termasuk dalam katagori aktif. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis learning community dapat meningkatkan aktivitas dan presentasi belajar siswa kelas VII A MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong pada materi pokok segitiga tahun pelajaran 2012/2013.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH MASBAGIK PADA MATERI POKOK LIMIT FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 rahman, abdul
Media Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : IKIP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.986 KB) | DOI: 10.33394/mpm.v1i1.1866

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Masbagik tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan siklus I antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, sedangkan siklus II yaitu melakasanakan tahapan yang ada pada siklus I dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan ratarata skor hasil belajar siswa minimal 67 dan porsentase ketuntasan belajar siswa minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,8 dengan kategori cukup aktif, sedangkan padasiklus II adalah 3,28 dengan kategori aktif. Rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,16 dengan porsentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yakni 76% sedangkan rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklusII adalah 73,11 dengan porsentase ketuntasan belajar siswa 86,96%. Maka dapat disimpulakan bahwa Pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar matematika siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Masbagik tahun pelajaran 2012/2013.
PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-B SMPN 4 NARMADA MATERI POKOK LINGKARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 fibriandhini, ariana
Media Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : IKIP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.212 KB) | DOI: 10.33394/mpm.v1i1.1871

Abstract

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru matematika SMPN 4 Narmada, penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa dikarenakan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Guru lebih mendominasi proses pembelajaran yang menujukkan siswa cenderung pasif dan kurang berpartisipasi dalam prosespembelajaran. Untuk itu, diperlukan suatu strategi yang dapat memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara aktif dan memungkinkan agar terjadi interaksi yang lebih terbuka baik dalam mengajukan pertanyaan maupun pendapat. Salah satu strategi tersebut adalah strategi Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Narmada materi pokok lingkaran tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VIII-B SMPN 4 Narmada tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata hasil evaluasi belajar siswa pada tiap siklus yaitu pada siklus I rata-rata skor hasil evaluasi belajar 70,25 dengan ketuntasan klasikal 74,35% dan pada siklus IIskor rata-rata hasil evaluasi belajar 77,05 dengan ketuntasan klasikal 87,17%. Dimana aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 1,90 dengan kategori aktif menjadi 2,46 dengan kategori sangat aktif. Data ini telah memenuhikriteria sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TEHNIK “INDEKS CARD MATCH (ICM)” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MATERI POKOK LIMIT FUNGSI DI SMAN 2 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 FEBRIANI, BAIQ ETI
Media Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : IKIP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.722 KB) | DOI: 10.33394/mpm.v1i1.1862

Abstract

System pembelajaran di SMA Negeri 2 Gerung masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar, menyebabkan prestasi dan aktivitas belajar siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi hal tersebu, maka dicoba dilakukan suatu penelitian dengan penerapkan model pemebelajaran aktif tehnik Indeks Card Match (ICM). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasidan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Gerung tahun pelajaran 2012/2013 pada materi pokok limit fungsi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan dan pada tiap pertemuan peneliti melakukan prosedur PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa. Padasiklus I nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 74,7 dan persentase ketuntasan klasikalnya 84,2% sedangkan skor aktivitas belajar siswa sebesar 15,7 dengan kategori tinggi. Pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswasebesar 75,4 dan persentase ketuntasan klasikalnya 94,7% sedangkan skor aktivitas siswa sebesar 16,6 berkategori sangat tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pengajaran dengan penerapanmodel pembelajaran aktif tehnik Indeks Card Match dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 1 pada materi pokok limit fungsi di SMA Negeri 2 Gerung tahun pelajaran 2012/2013.
PENERAPAN KOLABORASI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK DARUN NAJAH DUMAN MATERI POKOK PROGRAM LINIER TAHUN PELAJARAN 2012/2013 aturrifaah, bay
Media Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : IKIP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/mpm.v1i1.1867

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMK Darun Najah telihat kurangnya motivasi siswa dalam belajar sehingga hasil belajar yang dicapai siswa kurang bagus. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran lebih didominasi oleh guru sehingga terlihat siswa lebih cenderung pasif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Untuk itu, diperlukan suatu strategi yang dapat memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara aktif dan memungkinkan agar terjadi interaksi yang lebih terbuka baik dalammengajukan pertanyaan maupun pendapat. Oleh karena itu peneliti mengangkat penerapan kolaborasi metode Taking Stick dan Student Facilitator and Explaining (TSSFE). Berdasarkan hasil analisis penelitian yang diperoleh dari data keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I mencapai 63%, mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan II mencapai 84% , dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II pertemuan I mencapai 100%begitu pula pada pertemuan ke II siklus II mencapai 100%. Motivasi belajar siswa siklus I ke siklus II terjadi peningkatan dari 68,30% pada siklus I dengan kategori tinggi dan meningkat menjadi 88,30% pada siklus II dengankategori sangat tinggi. Untuk hasil belajar, dimana pada siklus I mencapai 80% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 100%. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi metode Talking Stick danStudent Facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X B SMK Darun Najah Duman Tahun Pelajaran 2012/2013 pada meteri pokok program linier.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING DENGAN TEKNIK PENGAJUAN PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X B MA ZAINUL MUSTHAFA NW PENGADANG MATERI POKOK TRIGONOMETRITAHUN PELAJARAN 2012/2013 siswandi, erlan
Media Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : IKIP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.66 KB) | DOI: 10.33394/mpm.v1i1.1872

Abstract

Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Accelerated Learning dengan teknik pengajuan pertanyaan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar matematika siswa kelas X B MA Zainul Musthafa NW Pengadang materi pokok trigonometri tahun pelajaran 2012/2013. Jenispenelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang memuat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap MA Zainul Musthafa NW Pengadang yang terdiri dari 26 orang siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berupa data hasil observasi siswa dan pendekatan kuantitatif yang berupa data hasil tes evaluasi belajar siswa. Data yang didapatkan, dianalisis dengan menggunakan analisis ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa yaitu pada siklus I, sebesar72,26 dengan persentase ketuntasan klasikal 76,92%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,95 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,95%. Skor aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama dankedua sebesar 9,67 dan 10,67 dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus ke II aktivitas belajar siswa sebesar 11,34 dan 12,99 dengan kategori aktif. Nilai ini telah memenuhi kriteria sesuai dengan indikator penelitian yaitu adanyapeningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Accelerated Learning dengan teknik pengajuan pertanyaan dapat meningkatkan prestasi dan aktivitasbelajar matematika siswa kelas X MA Zainul Musthafa NW Pengadang materi pokok trigonometri tahun pelajaran 2012/2013.
ENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK SMPN 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DIANA, AYUNI
Media Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : IKIP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/mpm.v1i1.1863

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pebelajaran kooperatif tipe STAD dengan media puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok kubus dan balok SMPN 9 Mataram tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini melibatkan 64 siswa yang terdapat pada kelas VIII E dan VIII F yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Dimana kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media puzzle, sedangkan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan non model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media puzzle. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengukur aktivitas siswa adalah lembar observasi sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulakan data, yakni metode wawancara, dan tes akhir. Metode tes yang digunakan adalah tes objektif yangterdiri dari 20 butir soal. Analisis data menggunakan analisis t-test yang independent yaitu polled varians pada taraf signifikan 5%. Hasil posttes yang telah diberikan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajarmatematika siswa, dan perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan dan kelas kontrol terlihat dari nilai rataratanya yaitu kelas eksperimen adalah 79,37 sedangkan kelas kontrol adalah 65,94. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media puzzle mempunyai pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dari hasil uji-t dengan thitung = 3,43 >1,670= t. Sedangkan dari hasil tabel observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan kategori aktif. Jadi, dapat ditarik simpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media puzzle berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII padamateri pokok kubus dan balok SMPN 9 Mataram tahun pelajaran 2012/2013.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING CONTRACTS DENGAN BANTUAN WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI SISWA KELAS X MA. PUTRA AL ISHLAHUDDINY KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ayustina, ayustina
Media Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : IKIP Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.477 KB) | DOI: 10.33394/mpm.v1i1.1868

Abstract

Pembelajaran klasikal/tradisional masih diterapkan di MA. Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Akan tetapi, dengan metode pembelajaran ini yang aktif hanya siswa yang mempunyai daya serap lebih cepat (pintar) sedangkan siswa yang lemah daya serapnya menjadi pasif. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan strategipembelajaran aktif tipe Learning Contracts dengan bantuan Work Sheet dalam proses belajar mengajar. Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok trigonometri. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan beberapa siklus kepada siswa kelas X MA. Putra Al-Ishlahuddiny Kediri sebagai populasi dan siswa kelas X B yang berjumlah 31 orang sebagai sampel penelitiannya. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan tes evaluasi dan observasi sedangkan teknik analisa datanya dilakukan secara deskriptif. Melalui analisa hasil evaluasi secara keseluruhan dari setiap siklus, dapat dilihat adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa secara klasikal yang dicapai pada siklus I sebesar 64,28 % sedangkan pada siklus II sebesar 89,65 %. Sedangkan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dimana pada siklus I rata-rata skor 3,15 poin berkategori cukupaktif dan pada siklus II meningkat 4,43 poin berkategori aktif. Dari proses pembelajaran dan hasil evaluasi yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe Learning Contracts dengan bantuan Work Sheetdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok trigonometri kelas X B MA. Putra AlIshlahuddiny Kediri Tahun Pelajaran 20122013.

Page 1 of 2 | Total Record : 13